Sabtu, 16 Juli 2016

Pentingnya Arang Sekam sebagai Media Tanam. Lihat Beragam Manfaatnya

Arang sekam merupakan satu produk olahan limbah pertanian yang memiliki manfaat yang besar sebagai media tanam maupun campuran kompos. Arang sekam dihasilkan dari proses pembakaran tidak sempurna, bertujuan untuk meningkatkan kandungan karbon dan unsur hara dalam sekam padi. 

Arang sekam dimanfaatkan sebagai media tanam
Pembakaran tidak sempurna atau parsial akan menghasilkan arang sekam yang baik, bukan abu sekam. Sebab pembakaran sempurna yang menghasilkan abu sekam justru menghilangkan kandungan hara pada sekam padi tersebut.

Nah, apa saja manfaat arang sekam atau sekam bakar untuk tanaman? berikut ini kami susun untuk anda. Silahkan di syer yah ..

Manfaat dan Kegunaan Arang Sekam Sebagai Media Tanam

  1. Menyuburkan tanah dan tanaman.Meningkatkan produksi tanaman.
  2. Baik digunakan sebagai media tanam hidroponik.
  3. Menjaga kondisi tanah tetap gembur, karena memiliki porositas tinggi dan ringan.
  4. Memacu pertumbuhan (proliferation) mikroorganisme yang berguna bagi tanaman.
  5. Mengatur pH tanah pada kondisi tertentu.
  6. Mempertahankan kelembaban.
  7. Sebagai absorban untuk menekan jumlah mikroba patogen.
  8. Meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air.

Manfaat Arang Sekam pada Pembuatan Kompos

Arang sekam sebagaimana diketahui kaya akan kandungan karbon, namun jarang disadari bahwa unsur karbon pada arang sekam sangat diperlukan dalam membuat kompos. Dari beberapa penelitian diketahui juga kemampuan arang sekam sebagai absorban yang bisa menekan jumlah mikroba patogen dan logam berbahaya dalam pembuatan kompos. Sehingga kompos yang dihasilkan bebas dari penyakit dan zat kimia berbahaya.

Diperkotaan, arang sekam banyak dibutuhkan untuk media tanam tanaman hias, media tanam hidroponik, dll. Kelebihan media arang sekam adalah bobotnya yang ringan dan mudah dibersihkan dari akar tanaman. Sifat seperti ini dibutuhkan untuk tanaman-tanaman yang akan didistribusikan.

Terima kasih sudah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar